Tools
Register Login

MySkindoctor-Spa.com

Dermatology & Venereology

You are here: Home » Artikel » Tips Kesehatan » Perawatan Rutin Kulit Pada Usia Lanjut
Senin, 26 Peb 2018

Perawatan Rutin Kulit Pada Usia Lanjut

Email Cetak PDF

Pada usia lanjut (usia 60 tahun keatas), dimana fungsi hormon telah menurun, maka produksi kelenjar minyak dan keringat pun berkurang, sehingga kulit menjadi kering dan tipis. Kulit tampak lebih kasar, lebih sensitif, mudah terluka, kerutan dan keriput kian jelas terlihat.Bahkan timbul lipatan-lipatan, pelebaran pembuluh darah dan bercak-bercak hiperpigmentasi. atau kehitaman.


Perawatan kulit pada golongan usia ini bertujuan menjaga atau mempertahankan kondisi kulit tidak cepat memburuk dan mencegah terjadinya proses penuaan lebih lanjut, mengatasi rasa gatal dan kekeringan yang timbul serta menghindari faktor-faktor yang dapat menimbulkan kekeringan pada kulit.

Perawatan yang dianjurkan dengan menggunakan

  • Pembersih : Untuk membersihkan wajah, pada golongan usia ini tidak dianjurkan menggunakan sabun, melainkan menggunakan krem pembersih dan penyegar yang tidak mengandung alkohol.
  • Pelembab : Pemakaian pelembab yang mengandung lemak sangat dianjurkan baik pada pagi hari maupun pada malam hari.
  • Tabir surya : Untuk melindungi kulit terhadap pengaruh buruk akibat matahari, perlu memakai tabir surya yang memiliki efek proteksi maksimal secara rutin.
  • Untuk mengatasi keadaan kulit yang kering, kasar dan bersisik, dapat digunakan krem yang mengandung asam vitamin A. Bahan ini berfungsi memperbaiki aliran darah dan menghilangkan lapisan tanduk dan kulit ari yang terlalu tebal sehingga kulit menjadi halus dan lembut.
  • Kosmetika rias wajah : Pemakaian kosmetika rias wajah pada golongan usia lanjut bertujuan untuk menutupi dan mengoreksi kekurangan yang terjadi akibat proses penuaan.

Add comment


Security code Refresh